17 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Diet, Darah Tinggi, Kulit, Wajah, Dll

Thursday, May 4th, 2017 - Kesehatan


Belimbing wuluh yang populer dengan rasanya yang asam (sering disebut dengan belimbing sayur), namun memberikan efek penyegaran pada tubuh. Sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, juga untuk rujak.
Belimbing wuluh juga dari dahulu sering digunakan sebagai bahan masakan, guna menghasilakan rasa masam secara alami.

Belimbing wuluh mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Buah asam ini memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi.

Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh | Sumber gambar: Pixabay.com

Manfaat Belimbing Wuluh

1. Menurunkan Tensi Darah
Gejalan akibat hipertensi tidak sama pada setiap orang, namun gejala hipertensi secara umum yaitu sakit kepala berlebihan, detak jantung terasa cepat (jantung berdebar), rasa pegal pada tengkuk (terasa tidak nyaman), pusing dan telinga berdenging.
Dari laman Kompas.com, bahwa batang belimbing wuluh memiliki kandungan saponin, sulfur, tanin, glucoside, kalsium oksalat, dan asam format. Adapun daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format, dan perokside. Buahnya secara khusus bisa digunakan untuk menurunkan tensi darah.
Untuk membuat ramuan belimbing wuluh sebagai obat darah tinggi, seperti yang dipaparkan oleh seorang ahli tanaman obat, yaitu Dr Setiawan Dalimarta. Cara membuat ramuannya:

  1. Pertama-tama siapkan 3 buah belimbing wuluh yang berukuran sedang.
  2. Cuci buah belimbing wuluh hingga bersih, kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. 
  3. Lalu rebus dengan tiga gelas air, biarkan mendidih hingga hanya tersisa satu gelas. 
  4. Setelah itu tunggu agak mendingin airnya (tidak terlalu panas), lalu airnya disaring.
  5. Minum air ramuan tersebut di pagi hari (setelah melakukan sarapan).

Cara lainnya untuk membuat ramuan:

  1. Pertama-tama siapkan tiga buah belimbing wuluh, cuci bersih .
  2. Siapkan juga biji srigading sebanyak 25 gr, cuci bersih. 
  3. Lalu biji srigading Anda tumbuk hingga halus. 
  4. Lalu masukkan ke dalam panci yang berisi empat gelas air. Lalu rebus bersama belimbing wuluh. 
  5. Biarkan saat mendidih, hingga hanya tersisa satu gelas.
  6. Setelah itu, tunggu airnya agak mendingin, lalu saring airnya dan minum. Lakukan satu kali dalam sehari.

Sebagai catatan penting dalam membuat ramuan ini, pada penderita darah tinggi yang air kencingnya mengandung kristal oksalat, maka hendaknya tidak mengonsumsi ramuan ini. Hal itu karena bahannya yang mengandung asam oksalat.
Demikian juga pada penderita hipertensi yang mengalami gangguan lambung seperti maag, maka hendaknya jangan meminum ramuan ini, karena rasa ramuan ini yang asam. Sebagai alternatif, Anda bisa menukar belimbing wuluh dengan belimbing manis.

2. Untuk Diet
Belimbing wuluh bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal itu karena belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan serat. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membantu memperlancar diet Anda.
Kandungan vitamin C memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lancarnya proses metabolisme tubuh yang berjalan secara optimal, berarti juga akan membakar lemak di dalam tubuh secara optimal.
Kandungan serat juga bermanfaat untuk membantu mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu kandungan serat seperti yang umum diketahui, bermanfaat untuk menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa terhindari dari mengonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Membuat Wajah Berseri
Anda bisa memanfaatkan belmbing wuluh untuk membuat wajah berseri. Jika dikonsumsi maka belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada kulit dari serangan radikal bebas.
Paparan radikal bebas pada kulit menyebabkab terjadinya kerusakan pada kulit dan memicu masalah penuaan dini. Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit.
Anda juga bisa membuat masker belimbing wuluh yang bermanfaat menjadikan wajah menjadi cerah, berseri dan halus.
Untuk membuat maskernya, pertama-tama siapkan 10 buah belimbing wuluh, pastikan semuanya telah dicuci menggunakan air bersih.
Setelah itu Anda haluskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan tersebut hingga hancur (lumat). Sehingga nantinya bisa melekat di kulit.
Anda dapat menambahkan air hangat jika terlalu kental. Anda aplikasikan belimbing wuluh yang telah dihancurkan tersebut pada kulit wajah. Setelah itu biarkan selama 10 menit atau lebih.
Agar bisa memperoleh manfaat maksimal, maka sebelum mengaplikasikan masker belimbing wuluh tersebut pada wajah, bersihkan wajah memakai sabun khusus pembersih wajah.
Adapun saat yang paling tepat untuk menggunakan ramuan masker ini yaitu sebelum tidur.
Dengan kandungan flavonoid yang terkandung pada belimbing wuluh, dimana flavonoid memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit dan menjaga kesehatan kulit.

4. Mengobati Batuk
Ketika penyakit batuk muncul, mengakibatkan aktivitas yang dijalankan sehari-hari menjadi terganggu. Sehingga walaupun penyakit batuk bukanlah jenis penyakit yang serius, namun karena menganggu tetap harus secepatnya disembuhkan.
Penyakit batuk ini rentan menyerang, terutama pada anak-anak. Anda bisa mengobati batuk secara alami, yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh.
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 3 buah belimbing wuluh
  • 200 cc air
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Ramuannya:

  1. Pertama-tama campurkan air, belimbing wuluh dan gula pada satu wadaj.
  2. Tim selama 1 jam. 
  3. Lalu angkat, tunggu hingga mendingin.
  4. Lalu Anda saring air belimbing wuluh menggunakan kain.
  5. Lalu bagilah menjadi dua, yaitu agar diminum di pagi dan malam hari. Minum sebelum makan.

Dalam resep diatas, Anda bisa mengganti gula dengan madu. Hal itu terserah Anda (sesuai dengan selera Anda). Minum ramuan ini secara rutin untuk memperoleh manfaat yang maksimal.
5. Mengobati Diabetes
Belimbing wuluh mempunyai khasiat bagus untuk mengatasi penyakit diabetes. Penyakit diabetes termasuk jenis penyakit yang cukup berbahaya dampaknya, akibat dari tingginya kadar gula di dalam darah.
Penyebab kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol (tidak normal) disebabkan tubuh kekurangan zat insulin, dimana zat insulin berfungsi penting dalam mengendalikan kestabilan kadar gula dalam darah.
Zat insulin dihasilkan oleh pankreas. Ketika seseorang terkena diabetes menyebabkan zat insulin berkurang secara signifikan, yang hal itu berarti bahwa organ pankreas sedang mengalami masalah dalam memproduksi zat insulin yang mencukupi bagi tubuh.
Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat bagi penderita diabetes. Di dalam belimbing wuluh terkandung senyawa saponin dan flavonoid, yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi zat insulin oleh pankreas, dan juga bermanfaat untuk memulihkan sel-sel pankreas yang mengalami kerusakan.
Kondisi diabetes menyebabkan penderitanya tidak bisa memperoleh asupan nutrisi dan energi yang mencukupi, dimana penderita diabetes umumnya sering kelelahan dan juga merasa lemas.
Kandungan zat tanin yang ditemukan di dalam buah belimbing wuluh berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah tinggi menjadi ke tahap normal.
Kandungan kalsium oksalat di dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah pengeroposan pada tulang. Penderita diabetes bisa terkena resiko komplikasi berupa penyakit pengeroposan tulang, serangan jantung, gagal ginjal, obesitas dan gangguan hati.
Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk pengobatan alami pada penyakit diabetes, bisa dengan cara dimakan langsung, ataupun diolah sesuai keinginan (selera).
Cara mudah untuk mengolah belimbing wuluh sebagai obat alami, langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama siapkan 6 buah belimbing wuluh (pilih yang telah masak).
  2. Kemudian belimbing wuluh dicuci menggunakan air bersih yang mengalir.
  3. Lalu Anda lumatkan semua belimbing wuluh tersebut, hingga akhirnya benar-benar halus.
  4. Lalu rebuslah menggunakan satu gelas air.
  5. Biarkan mendidih, hingga tersisa airnya setengah gelas saja.
  6. Lalu angkat, dan tunggu agak mendingin.
  7. Lalu saring air rebusannya dan minum.

Minum ramuan belimbing wuluh ini dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.
Meskipun ramuan belimbing wuluh berkhasiat untuk mengobati diabetes, namun terdapat efek sampingnya jika dikonsumsi terlalu banyak.
Berlebihan dalam mengonsumsi ramuan belimbing wuluh mengakibatkan terjadinya gangguan pada lambung, maag, gastritis dan radang lambung. Hal itu disebabkan belimbing wuluh memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi.

loading…

6. Mengobati Sakit Gigi
Belimbing wuluh bisa Anda manfaatkan sebagai pengobatan alami untuk menyembuhkan sakit gigi. Timbulnya penyakit gigi umumnya karena adanya bakteri yang berkembang pada gigi yang berlubang.
Belimbing wuluh memiliki kandungan zat yang mampu dengan baik melawan bakteri, sehingga baik digunakan untuk mengobat sakit gigi. Untuk pemanfaatan-nya, Anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh saat sakit gigi datang mendera.
Belimbing wuluh membantu meredakan sakit gigi. Cara lainnya dari memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobati sakit gigi, yaitu dengan cara: pertama-tama tumbuk belimbing wuluh hingga halus. Lalu letakan pada gigi yang berlubang dan sakit.
7. Menghilangkan Panu
Panu adalah penyakit pada kulit yang terjadi akibat serangan jamur. Penyakit kulit ini seringkali menyerang tubuh pada bagian tangan, wajah, leher, bahu, punggung dan tangan.
Kandungan di dalam belimbing wuluh mempunyai fungsi sebagai anti jamur, yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan panu sedikit demi sedikit.
Jamur penyebab timbulnya penyakit panu ini adalah Candida Albicans. Gejala awal panu umumnya yaitu muncul bercak-bercak putih pada kulit. Panu bersifat menular, sehingga jamur bisa terus tumbuh dan menjalar kebagian tubuh lainnya.
Penyakit panu cukup menganggu karena menimbulkan rasa gatal-gatal, terutama ketika sedang berkeringat.
Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobati panu, yaitu dengan memarut belimbing wuluh, lalu diaplikasikan pada kulit yang terkena panu.
Cara lainnya, Anda perlu menyiapkan belimbing wuluh dan kapur sirih. Kombinasi campuran belimbing wuluh dan kapur sirih akan menjadi bahan yang ampuh untuk mengobati panu dan jamur.
Cara membuat ramuannya: Pertama-tama tumbuk halus belimbing wuluh dan campurkan bersama kapur sirih secukupnya. Setelah itu, ramuan tinggal Anda oleskan pada bagian panu, lalu biarkan hingga mengering, lalu baru bilas menggunakan air bersih.
Untuk menghindari panu, maka jangan mengenakan baju yang ketat, hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung, hindari memakai handuk milik orang lain, kenakan pakaian yang mampu menyerap keringat, dan mandi secara teratur (tiga kali sehari).
8. Untuk Kesehatan dan Keindahan Bibir
Bahan-bahan alami sebenarnya sudah banyak tersedia untuk melakukan perawatan bibir secara alami, salah satunya Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk bibir. Penggunaan belimbing wuluh untuk bibir sangat mudah.
Pertama-tama siapkan belimbing wuluh, lalu Anda belah dan oleskan ke bibir secara merata. Namun, dalam melakukan perawatan ini, kondisi bibir tidak boleh dalam keadaan pecah-pecah.
Hal itu karena jika menggunakan belimbing wuluh pada bibir pecah-penuh, malah menyebabkan masalah bibir becah-pecah semakin parah, karena sifat asam belimbing wuluh yang tinggi.
Belimbing wuluh dapat Anda manfaatkan untuk memerahkan bibir secara alami. Kandungan vitamin C dan vitamin A di dalamnya tenyata memiliki manfaat untuk membantu bibir menjadi lebih merah. Manfaatkan belimbing wuluh dengan cara dioleskan sebanyak dua kali dalam sehari.
Kandungan senyawa yang ada di dalam buah belimbing wuluh bermanfaat untuk menstimulasi kelembaban pada bibir, serta menutrisi pigmen merah yang ada di dalam bibir. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan belimbing wuluh bisa membuat warna bibir menjadi lebih merah.
Pemanfaatan belimbing wuluh juga bisa untuk mencegah bibir menghitam. Kandungan buah belimbing wuluh berupa senyawa flavonoid, berfungsi untuk menghilangkan flek hitam yang menempel di bibir, sehingga sedikit demi sedikit flek hitam menghilang.
Belimbing wuluh juga bermanfaat mencegah bibir kering. Senyawa antioksidan yang ditemukan di dalam belimbing wuluh berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dimana serangan radikal bebas bisa berdampak buruk pada kesehatan bibir dan menyebabkan bibir menjadi kering.
Belimbing wuluh dapat mencegah bibir mengelupas dan pecah. Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah bibir mengelupas, selain itu dapat meregenerasi sel-sel pada bibir yang telah mati.
9. Untuk Kulit Tubuh
Tentunya orang-orang ingin memiliki kulit yang lebih bersih dan cerah. Ada cara alami yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Jika dikonsumsi, belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas, serta menjadikan kulit lebih awet muda.
Nutrisi pada belimbing wuluh yang mencakup protein, lemak, vitamin A, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, kalium dan beberapa lainnya. Manfaat kandungan belimbing wuluh dapat membantu menjaga kesehatan dan kecerahan kulit tubuh.
Bahan yang perlu disiapkan untuk bisa mencerahkan kulit tubuh, yaitu belimbing wuluh secukupnya dan air hangat.
Cara melakukannya, pertama-tama haluskan belimbing wuluh menggunakan blender (bisa juga dengan diulek), setelah itu campurkan dengan air hangat di dalam sebuah wadah. Kemuduan aduk sampai tercampur rata.
Anda perlu membersihkan tubuh dengan cara mandi, dan gunakan sabun mandi.
Lalu keringkan tubuh menggunakan handuk yang halus, sehingga kulit menjadi lembut dan pori kulit tubuh terbuka.
Lalu Anda oleskan ramuan tadi pada seluruh tubuh, seperti hanya melakukan lulur.
Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan selama 15 menit (hingga ramuan mengering di kulit).
Setelah itu, barulah membilas kulit sampai bersih. Selesai.
Disarankan untuk melakukan terapi ini sebelum tidur, agar kulit bisa lebih santai dan juga akhirnya akan mengoptimalkan manfaat kandungan belimbing dalam menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit tubuh secara menyeluruh.
Kandungan di dalam belimbing wuluh bekerja untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah kulit kering, menghilangkan warna gelap, serta membuat kulit menjadi lebih halus, cerah dan bersinar.

10. Menghilangkan Jerawat
Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk membantu menghilangkan dan mengempeskan jerawat membandel. Kandungan zat asam yang ada di dalam belimbing wuluh memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif.
Tetapi dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, mampu membantu mengerutkan dan membuat samar jerawat di kulit wajah, hingga bisa menghilangkan jerawat.
Untuk membuat ramuan belimbing wuluh, maka caranya pertama-tama ambilah tiga buah belimbing wuluh segar. Kemudian cuci hingga bersih.
Setelah itu belimbing wuluh diparut dan diberikan sedikit garam. Kemudian tempelkan ramuan ini pada kulit yang berjerawat. Selesai.
Lakukan terapi alami ini sebanyak dua kali dalam sehari.
11. Mengobati Sariawan
Sariawan adalah salah satu masalah mulut yang cukup menganggu, karena efek rasa sakit yang muncul pada mulut mengakibatkan makan dan minum menjadi kurang nikmat.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sariawan menggunakan belimbing wuluh.
=> Cara pertama:
Sediakan segenggam bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya, dan secangkir air. Kemuduan masukkan ketiganya di dalam sebuah panci, lalu rebus sampai mejadi kental.
Lalu saring rebusan ini, setelah itu gunakan untuk membersihkan mulut. Bisa juga Anda gunakan untuk mengoleskan pada sariawan yang ada di mulut.
=> Cara kedua:
Siapkan 2/3 genggam bunga belimbing wuluh (sebelumnya dicuci hingga bersih), lalu rebuslah dengan 3 gelas air hingga, biarkan mendidih hingga air rebusan hanya tersisa 2 gelas saja.
Lalu angkat dan tunggu agak mendingin. Lalu saring ampasnya dan air rebusan dibagi menjadi tiga, untuk diminum pada pagi, siang dan malam (tiga kali dalam sehari).
=> Cara ketiga:
Siapkan 10 bunga belimbing wuluh, beberapa asam jawa, dan gula aren. Kemudian rebus ketiganya menggunakan 3 gelas air.
Biarkan air rebusan mendidih hingga hanya tinggal tersisa ¾ bagian (dari air 3 gelas tersebut).
Lalu ambil air rebusan, dan saring air rebusan dari ampasnya. Minum ramuan ini untuk 2 kali dalam sehari.
Jadi dari air rebusan itu, Anda minum setengah bagiannya, lalu simpan setengahnya lagi untuk diminum di sore atau malam hari.
Menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan memang bisa menyembuhkan, akan tetapi rasanya cukup perih jika sariawan dioleskan dengan belimbing wuluh ini. Tampaknya jika ingin sariawan bisa sembuh dengan cepat, perlu menahan rasa sakit dari efek pengobatannya.

12. Obat Rematik
Penyakit rematik menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang, otot, sendi, bahkan darah. Penyakit rematik menimbulkan kondisi yang amat mengganggu bagi kegiatan sehari-hari.
Hal itu disebabkan saat penyakit rematik kambuh maka gerak tubuh menjadi sangat terganggu, selain jug adanya rasa nyeri yang muncul.
Munculnya rematik dapat karena faktor peradangan maupun berat badan yang berlebihan. Agar bisa mengobati rematik, Anda bisa memanfatkan belimbing wuluh. Caranya:

  1. Pertama-tama ambil segenggam daun belimbing wuluh, lalu dicuci hingga bersih.
  2. Lalu tumbuk belimbing wuluh hingga halus, dan tambahkan kapur sirih. Keduanya dicampur.
  3. Setelah itu gosokkan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Cara lannya:

  1. Pertama-tama siapkan 100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh, dan 15 biji merica yang dicuci kemudian digiling sampai halus.
  2. Lalu Campurkan semuanya dalam satu wadah, kemudian tambahkan dengan cuka ke dalamnya. Campur semuanya hingga membentuk seperti adonan.
  3. Setelah itu Anda oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terasa sakit.

13. Gusi Berdarah
Dari laman Kompas.com, bahwa untuk mengatasi gusi berdarah bisa dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh yang segar maupun manisannya, lakukan setiap hari.
Disarankan untuk mengonsumsi dua buah belimbing wuluh dalam sehari. Hal ini bermanfaat membantu menanggulangi masalah  gusi berdarah.
14. Kompres Sakit Gondongan
Untuk melakukannya, siapkan setengah genggam daun belimbing wuluh dan tiga siung bawang putih. Cara membuat ramuannya, pertama-tama tumbuk daun belimbing wuluh bersama bawang putih. Kemudian kompreskan pada bagian yang terkena gondongan.
15. Mengatasi Pegal Linu
Daun belimbing wuluh bisa Anda jadikan obat alami untuk pegal linu. Untuk yang sering merasakan nyeri atau pegal linu karena beratnya pekerjaan sehari-hari, maka bisa mengatasinya dengan bantuan daun belimbing wuluh.
Untuk mengobati pegal linu, caranya:

  1. Pertama-tama siapkan segenggam daun belimbing wuluh yang masih muda
  2. Siapkan juga 15 biji lada, 10 biji cengkeh dan cuka secukupnya. 
  3. Kemudian, semua bahan tersebut dijadikan satu.
  4. Kemudian dilumatkan bersama cuka. 
  5. Setelah itu, balurkan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

16. Sebagai Obat Alami
Dari laman Kompas.com menyebutkan bahwa buah belimbing wuluh memiliki manfaat sebagai obat alami. Hal ini dijelaskan oleh seorang ahli tanaman obat, yaitu Dr Setiawan Dalimarta.
Dr. Setiawan menjelaskan bahwa sifat kimiawi dan efek farmakologis yang terdapat pada belimbing wuluh berupa rasa asam dan sejuk. Itu bermanfaat untuk membantu menghilangkan rasa sakit, mengatasi peradangan, memperbanyak pengeluaran empedu, dan peluruh kencing.
17. Manfaat Lainnya
Satu lagi manfaat yang cukup menarik dari belimbing wuluh, selain dapat bermanfaat sebagai obat alami, belimbing wuluh juga dapat Anda gunakan untuk mengusir karat pada besi dan baja.
Sehingga tidak mengherankan bahwa dahulu para punggawa dan kerabat keraton di Solo, Yogyakarta dan Cirebon menggunkan belimbing wuluh untuk mencuci gaman (senjata tajam). Entah itu berupa keris, pedang, cundrik, tombak, dan lainnya. Dengan tujuan supaya tidak mudah terkena karat

17 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Diet, Darah Tinggi, Kulit, Wajah, Dll | admin | 4.5