22 Manfaat Kulit Pisang: Untuk Pengobatan, Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Gigi, Lingkungan Dll

Wednesday, May 10th, 2017 - Kesehatan, Tips


Mengenai manfaat daging buah pisang mungkin sudah banyak yang mengenalnya. Adapun mengenai manfaat kulit pisang, saya kira belum banyak yang tahu. Biasanya orang-orang setelah makan buah pisang maka akan dibuang kulitnya, jarang sekali yang memanfaatkan kultinya. Padahal kulit pisang memiliki manfaat yang juga besar, tidak kalah dengan dagingnya.

Kulit Pisang

Kulit Pisang | Sumber gambar: Pixabay.com

Langsung saja, berikut di bawah ini manfaat kulit pisang yang cukup banyak:
1. Memutihkan Gigi
Kulit pisang di dalamnya memiliki zat magnesium, mangan dan potassium. Kandungan-kandungan ini memiliki fungsi untuk membuat lapisan email pada gigi menjadi lebih putih.
Bukan hal sulit untuk memanfaatkan kulit pisang agar dapat membuat gigi menjadi lebih putih, Anda hanya perlu menggosok bagian dalam kulit pisang secara melingkar gerakannya.
Pertama-tama pilih dan kupas sebuah pisang. Pilih pisang yang matang karena kandungan mineralnya tinggi. Jangan pilih kulit pisang yang berwarna hitam.
Kupas satu lembar saja kulit pisang itu, lalu tinggal tempelkan saja pada gigi.
Dalam mengupas kulit pisang yaitu dari bagian atas ke bawah, karena cara ini berguna agar lebih banyak serabut daging buah yang menempel di kulit pisang, sehingga manfaat yang diperoleh lebih besar.
Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi, yang nantinya gigi akan terlapisi oleh pasta dari kulit pisang. Setelah gigi terlapisi seperti itu, biarkan selama 5-10 menit.
Usahakan gigi dijauhkan dari bibir, hal ini memang agak membuat sedikit repot, tetapi kegunaannya agar pasta pisang tidak hilang.
Setelah waktu 10 menit itu selesai, maka mulailah untuk bersiap-siap menggosok sikat gigi, sikat dengan gerakan memutar serta lakukan perlahan. Gosok gigi sekitar dua menit.
Menggosok gigi dilakukan agar gigi menjadi bersih dari serat di bagian dalam kulit pisang.
Lakukan satu kali dalam sehari, selama seminggu penuh. Maka metode ini dapat membantu Anda untuk memiliki gigi yang lebih putih.
Perlu diketahui:

  1. Menggunakan kulit pisang tidaklah bisa secara instan langsung membuat gigi putih. Jika Anda mau cara instan, bisa menggunakan gel atau alat-alat pemutih gigi lainnya.
  2. Pengaplikasian secara berlebihan kulit pisang pada gigi mengakibatkan resiko berupa gigi sensitif, gusi terbakar dan lidah menjadi tidak nyaman.
  3. Kandungan pisang berisi gula alami yang bisa memicu gigi berlubang dan timbunan plak pada gigi. Disinilah pentingnya menggosok gigi untuk mencegah efek samping dari penggunaan kulit pisang pada gigi.
  4. Melakukan terapi kulit pisang pada gigi tidak boleh lebih dari sekali dalam sehari.
  5. Terapi ini bukan untuk jangka panjang, hanya boleh diterapkan selama satu sampai dua minggu saja.


2. Mengatasi Gigitan Nyamuk
Gigitan nyamuk mengakibatkan terjadinya bengkak dan rasa gatal pada kulit. Maka kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bekas dari gigitan. Penggunaannya dengan memotong kecil-kecil kulit pisang.
Kemudian tempelkan kulit pisang tersebut pada bagian tubuh atau kulit. Lalu biarkan selama 10 menit, dan cuci bersih bagian kulit (yang ditempelkan kulit pisang) menggunakan air.
3. Mengobati Sakit Kepala
Kulit pisang dapat juga Anda andalkan untuk mengurangi gejala rasa sakit kepala, termasuk masalah migran. Untuk penggunannya, pertama-tama haluskan kulit pisang (bisa dengan cara ditumbuk), setelah itu tempelkan pada bagian dahi.
4. Mengobati Luka
Kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka. Penggunannya hanya dengan menempel atau menggosok secara perlahan kulit pisang pada bagian tubuh yang mengalami luka.
5. Mencegah Iritasi Pada Kulit
Kandungan antioksidan dan mineral alami di terkandung pada kulit pisang bekhasiat membantu proses peremajaan kulit. Selain itu juga berguna untuk mengatasi dan mencegah masalah iritasi kulit dan luka memar.
Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu menempelkan kulit pisang pada bagian tubuh yang mengalami masalah luka, memar atau iritasi. Biarkan agak lama, setelah itu bilas menggunakan air bersih.
6. Melindungsi Mata Dari Kerusakan Akibat Sinar Ultra Violet
Kandungan antidioksidan yang dimiliki kulit pisang bermanfaat untuk melindungi organ mata dari kerusakan akibat serangan sinar ultraviolet dari luar, serangan tersebut merupakan bentuk dari radikal bebas yang cukup berbahaya.
Untuk penggunannya, Anda hanya perlu menempel atau menggosok pelan-pelan kulit pisang pada bagian kelopak mata.
Yang perlu diingat, kulit pisang yang Anda akan digunakan sebelumnya perlu dijemur beberapa saat . Melakukan hal ini bermanfaat untuk menurunkan risiko katarak.
7. Obat Alami Penyakit Psoriasis
Psoriasis merupakan sebuah jenis penyakit berupa gejala sisik berwarna keperakan pada kulit, yang juga bisa disertai munculnya warna merah, dimana hal ini menimbulkan rasa perih atau gatal pada penderitanya.
Jika mengalami kondisi demikian, maka usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggaruk karena beresiko menimbulkan bintik pendarahan yang bisa membuat semakin sakit rasanya.
Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang, caranya dengan menggosokkan secara pelan-pelan kulit pisang pada bagian kulit yang mengalami psoriasis. Saat menggosok akan muncul reaksi berupa kulit cenderung kemerahan, setelah itu secara perlahan akan menghilang, dan rasa sakit sedikit mereda.

loading…

8. Mengobati Kutil
Kutil merupakan daging yang muncul mirip seperti jerawat. Anda bisa menghilangkan menggunakan kulit pisang. Pertama-tama potong kulit pisang sekiranya, yang nantinya untuk ditempelkan pada kulit yang terkena kutil.
Selain menempelkan, Anda juga bisa melakukan cara lain dengan menggosok-gosokkannya sekitar 10 menit. Setelah bersihkan kulit dengan air bersih. Anda bisa melakukannya selama 1-2 minggu. Dengan satu kali terapi menggosok pada setiap harinya.
9. Mengurangi Munculnya Keriput

Kulit Pisang Mengurangi Munculnya Keriput

Sumber gambar: Livestrong | Health Veda
Menggosok bagian dalam kulit pisang pada keriput diperkirakan bisa membantu mengurangi munculnya garis depan di wajah alias keriput. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat di dalam pisang berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi kolagen dan juga membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hal ini mencegah munculnya keruput dan penuaan dini.
10. Mengangkat sel kulit mati
Sel kulit mati menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam dan tidak bercahaya. Anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkan kulit pisang. Untuk melakukannya, pertama-tama hancurkan kulit pisang yang ditumbuk hingga halus.
Setelah itu, Anda tempelkan pada bagian kulit wajah anda secara merata. Diamkan selama 5-10 menit, setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih.
11. Mencerahkan kulit wajah
Kulit pisang dapat Anda manfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah. Penggunaan kulit pisang tidak memiliki efek samping jika tidak berlebihan.

12. Mengobati Jerawat

Kulit pisang dapat Anda gunakan untuk kesehatan dan keindahan, karena di dalam kulit pisang terdapat nutrisi vitamin B, vitamin C, vitamin B6, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalium. Manfaat kandungan ini mampu untuk menghilangkan jerawat. 

Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terkandung pada kulit pisang berfungsi untuk meminimalisir kelebihan minyak pad wajah, dan mencegah iritasi  pada jerawat. Manfaat ini juga untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Kulit pisang dapat dimanfaat untuk mengatasi masalah berjerawat. Caranya hanya dengan menggosokan kulit pisang bagian dalam ke kulit wajah secara perlahan. Untuk hasil optimal, jika tidak merepotkan Anda bisa mengoleskan kulit pisang pada wajah di malam hari.

Disarankan untuk menggunakan kulit pisang yang masih bewarna kuning. Gosok – gosokkan pada wajah hingga kulit pisang menghitam, setelah itu ambil kulit pisang yang baru lagi. Demikian seterusnya selama 10 menit.

Setelah itu diamkan 30 sampai, lalu bersihkan wajah menggunakan air bersih. Manfaat dari melakukan terapi alami ini untuk membuat noda jerawat yang kemerahan akan terlihat memudar dan tidak muncul kembali.

13. Menghaluskan Kulit Wajah

Masalah kulit wajah yang kasar dan terasa kering dapat diatasi dengan memanfaatkan kulit pisang. Untuk penggunaannya, pertama-tama lembutkan kulit pisang hingga terasa lembut, setelah itu aplikasikan kulit pisang itu menjadii masker wajah.

Disarankan untuk menambahkan madu alami. Manfaat dari melakukan ini adalah membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut.

14. Mengkilapkan Sepatu

Kulit Pisang Untuk Mengkilapkan Sepatu

Sumber gambar: Preparedsociety.com
Kulit pisang juga dapat gunakan untuk mengkilapkan sepatu. Sepatu yang terlihat sudah kusam bisa dibuat mengkilap hanya dengan menggunakan kulit pisang. Untuk penggunannya, Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang pada sepatu.
Lakukan penggosokan seperti halnya saat menggunakan semir sepatu. Setelah itu, akan membuat sepatu dapat mengkilap kembali.
Pisang kaya akan kandungan kalium, yang juga ada pada produk semir sepatu. Selain itu, minyak alami pisang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit sepatu. Yang juga bermanfaat agar sepatu bisa bertahan lebih lama.
Selain itu, Anda dapat memanfaatkan kulit pisang untuk mengkilapkan benda atau alat dapur yang terbuat dari logam.

15. Makanan Hewan
Dari pada dibuang, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang. Anda hanya perlu memblender kulit pisang ataupun memotongnya, kemudian mencampurnya ke dalam pakan untuk ayam, kelinci, dan ternak lainnya. Di dalamnya terkandung vitamin esensial yang tinggi.
16. Mengundang Kupu-kupu dan Burung
Tempatkan kulit pisang di cabang sangkar burung ataupun pohon, hal ini membuat kupu-kupu dan burung akan tertarik datang karena manisnya kulit pisang. Akan tetapi perlu diingat, lebah dan tawon juga bisa datang karena tertarik dengan manisnya kulit pisang. Sehingga, jangan diletakan di dekat rumah, terutama tempat anak-anak berada.
17. Untuk Pakan Mawar

Kulit Pisang Untuk Pakan Mawar

Sumber gambar: SFgate.com | WTIP.org
Anda bisa menggali sekitar empat inci di dekat tanaman lalu mengubur kulit pisang disana. Pisang memiliki kandungan kalium yang membantu mawar untuk tumbuh lebih maksimal.
18. Pupuk Tomat
Caranya dengan membungkus kulit pisang di sekitar bibit tomat ketika pertama kali menanam tomat. Hal ini membuat tomat lebih cepat untuk tumbuh, karena menyerap nutrisi penting dari kulit pisang sepanjang musim.
19. Menyingkirkan kutu daun
Beberapa tukang kebun mencoba menerapkan penggunaan kulit pisang untuk mengontrol ‘keganasan’ kutu daun dalam merusak tanaman. Taburi kulit pisang yang telah dihaluskan di sekitar tanaman milik Anda. Bisa juga dengan mengubur kulit pisang di kebun Anda. Nantinya kutu daun akan hilang dalam dua hari.
20. Mengkilapkan Perak Kembali

Kulit Pisang Untuk Mengkilapkan Perak Kembali

Sumber gambar: ApartmentTherapy.com
Sebuah kulit pisang dapat Anda manfaatkan untuk membuat bersinar kembali pada perak yang ada sedikit noda padanya. Untuk melakukannmya, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa kulit pisang pada air.
Setelah itu, gosok untuk mengkilapkan perak kembali. Lalu bersihkan perak dan keringkan menggunakan kain bersih.

21. Mengatasi CD tergores atau DVD
Apabila CD atau DVD Anda mengalami masalah saat diputar, Anda bisa memperbaikinya dengan memanfaatkan kulit pisang. Cara melakukannya yaitu gosok kulit pisang bagian dalam ke bagian belakang disc. Lakukan penggosokan dengan gerakan melingkar dan secara perlahan.
Setelah itu bersihkan sisa dari kulit pisang yang menempel pada CD / DVD menggunakan kain lembut. Semprot disk memakai pembersih kaca dan sampai terlihat bersih dan mengkilap.
22. Mengangkat noda tinta dari kulit dengan cepat
Jika Anda terkena tinta pulpen, maka Anda bisa memanfaatkan kulit pisang untuk mengatasinya. Gosok bagian dalam kulit pisang ke bagian tubuh yang terkena tinta. Hingga nantinya kulit pisang berubah warna, dan noda pada kulit Anda akan menghilang.
Minyak alami yang terkandung di dalam kulit pisang bermanfaat untuk menarik minyak di tinta.

Referensi:

22 Manfaat Kulit Pisang: Untuk Pengobatan, Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Gigi, Lingkungan Dll | admin | 4.5