Begini Cara Membuat Sabun Pencuci Piring Sendiri, Bisa Untung Banyak Kalo Di Jual Lagi Ke Ibu-ibu Tetangga !!

Thursday, May 4th, 2017 - Pengetahuan, Tips


Untuk membersihkan atau mencuci piring memang para ibu sudah banyak sekali terbantu dengan adanya berbagai produk dan merek sabun cuci piring. Ada banyak merek yang beredar di pasaran. Dari yang murahan hingga yang tergolong mahal. Namun pernahkah Anda ada keinginan untuk tahu cara membuat sabun pencuci piring sendiri? Tentunya akan lebih hemat dan kreatif. Kalau hasilnya baik, malah bisa jadi peluang usaha sampingan.

Memang produk sabun pencuci piring saat ini sudah sangat banyak macamnya. Namun begitu, Anda tak boleh sembarangan memilih sabun pencuci piring. Seharusnya, sabun pencuci piring mampu melunturkan dan membersihkan kotoran membandel seperti minyak pada perabotan dapur. Selain itu harus memilih sabun yang tidak terkena sinar matahari langsung karena kemungkinan sudah berubah kandungannya.

Teknik Mudah Menghapus Noda Membandel

Sebalum membahas cara membuat sabun pencuci piring sendiri, ada baiknya tips menghapus noda membandel pada perabotan dapur ini Anda ketahui dan praktikkan. Adapun beberapa teknik sederhana untuk menghilangkan noda membandel adalah sebagai berikut.

Rendamlah perabotan yang bernoda membandel pertama-tama dengan campuran air jeruk nipis. Bisa juga dengan baking soda. Selanjutnya bilas perabotan yang telah direndam tadi setelah beberapa saat. Baru kemudian gunakan sabun cuci piring untuk mencuci piring dan perabotan Anda. Selanjutnya keringkan dan simpan dalam lemari perabotan.

Cara Membuat Sabun Pencuci Piring Sendiri

Mungkin Anda ingin membuat sabun cuci piring, tentunya yang berupa sabun cair seperti Sunlight dan sejenisnya. Soalnya sabun dalam bentuk sabun colek sudah semakin ditinggalkan. Selain kurang praktis, biasanya sabun colek meninggalkan bau yang melekat pada perabot, khususnya yang terbuat dari plastik. Jadi dengan membuat cairan pencuci piring sendiri, selain bisa menghemat anggaran, Anda juga bisa membesarkannya menjadi industri rumahan.

Bahan Untuk Membuat Cairan Pencuci Piring

Teepol 70 cc
Tepol/teepol merupakan sabun cair yang fungsi dasarnya adalah sebagai pembersih dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan misalnya cuci piring, cuci motor, cuci baju. Bahan ini memang diperuntukkan untuk bahan dasar sehingga memang untuk keperluan jual kembali. Sekali beli biasanya dihitung perliter.
Air bersih 250 cc
Soda Ash 25 gram
Merupakan bahan kimia berbentuk serbuk yang biasa digunakan sebagai penjernih air kolam yang keruh akibat lumut yang mati.
Natrium Clorida 15 gram
Pewarna makanan secukupnya
Bibit minyak wangi secukupnya

Untuk cara membuat sabun cuci piring cair:

Masukkan Tepol dalam wadah, kemudian tambahkan air bersih lalu aduk hingga merata. Selanjutnya tambahkan Soda Ash sambil tersu diaduk-aduk. Kemudian tambahkan pewarna makanan dan bibit minyak wangi ke dalam campuran tersebut. Terakhir masukkan Natrium Clorida sambil terus diaduk. Biasanya pengadukan terasa semakin berat. Namun harus terus diaduk karena nantinya adonan akan mencair dan siap dipakai.

Demikian cara membuat sabun atau cairan pencuci piring sendiri. Bahan-bahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko kimia maupun apotek. Bahan-bahan yang kita gunakan tergolong aman dan ramah lingkungan. Jadi tak perlu khawatir. Selain cara membuatnya mudah, juga hasil serta kualitasnya tak kalah dari cairan pencuci piring buatan pabrik. Selamat mencoba.

Begini Cara Membuat Sabun Pencuci Piring Sendiri, Bisa Untung Banyak Kalo Di Jual Lagi Ke Ibu-ibu Tetangga !! | admin | 4.5